DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TIPE MADYA PABEAN C CIREBON

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
REALISASI PENERIMAAN NEGARA KPPBC TMP C CIREBON per 31 Aguatus 2022 : 1. Total Penerimaan Rp 322.595.584.175 (57.46%) 2. Penerimaan Bea Masuk Rp 18.054.938.000 (110%) 3. Penerimaan Cukai Hasil Tembakau Rp 304.540.646.175 (56%) 4. Penerimaan Cukai Etil Alkohol Rp 304.183.905.900 (57%) 5. Penerimaan Cukai Plastik Rp 0 (0%) 6. Penerimaan Lainnya Rp 284.340.275
Berita

Dukung UMKM Tumbuh Pesat, Kemenkeu Satu Ciayumajakuning Gelar Bazar dan Lelang UMKM

03 September 2022

CIREBON - Sebagai bentuk nyata dukungan terhadap pelaku UMKM, seluruh satuan kerja  Kemenkeu di wilayah Ciayumajakuning meliputi KPPBC Cirebon, KPKNL Cirebon, KPP Cirebon 1, KPP Cirebon 2, KPP Indramayu, KPP Kuningan, KPPN Cirebon dan KPPN Kuningan bersinergi mengadakan Bazar UMKM. Kegiatan berlangsung selama dua hari pada 1 hingga 2 September 2022, di Halaman KPPBC TMP C Cirebon. Selain secara offline, kegiatan ini juga diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom.

Kepala Kantor Bea Cukai Cirebon, Encep Dudi Ginanjar, dalam pembukaan Bazar dan Lelang UMKM ini menyampaikan, "Bazar dan Lelang UMKM ini merupakan kegiatan yang luar biasa. Kegiatan ini mempertemukan Satker Kemenkeu se-Ciayumajakuning, Perbankan, para pelaku UMKM, dan masyarakat dalam satu wadah dengan misi yang sama  yaitu memajukan UMKM untuk bisa naik kelas," tuturnya.

Sebanyak 53 UMKM yang berada di wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan, berpartisipasi dalam kegiatan Bazar dan Lelang UMKM ini. Produk yang dijual beragam, mulai dari produk kerajinan, fesyen, sepatu, makanan, minuman, hingga produk kesenian.

Kepala Kantor Wilayah DJKN Jabar sekaligus Kepala Perwakilan Kemenkeu Jabar, Tavianto Nugroho, mengungkapkan "Seluruh unit di bawah Kemenkeu memiliki program untuk mengembangkan UMKM. Di Direktorat Jenderal Pajak ada program Bussiness Development Service (BDS), KPPN ada program Pembiayaan Ultra Mikro (UMI), KPKNL ada Kedai Lelang, dan di Bea Cukai ada Klinik Ekspor," tuturnya. Beliau menjelaskan bahwa Bazar dan Lelang UMKM ini merupakan wujud dari kolaborasi dan sinergi instansi Kementerian keuangan untuk mendukung kemajuan UMKM. "Kami dari unit-unit Kementerian Keuangan hadir untuk memajukan UMKM," jelasnya.

Selain Bazar UMKM, dalam rangkaian kegiatan tersebut juga digelar perlombaan bertajuk Kemenkeu's Got Talent serta Sayembara Logo Kemenkeu Satu Ciayumajakuning Peduli UMKM (KSCPU). Lomba Kemenkeu's Got Talent merupakan ajang pencarian bakat di bidang seni di lingkungan pegawai satuan kerja Kemenkeu Satu wilayah Ciayumajakuning. Dalam perlombaan tersebut, Cheriband (Band Bea Cukai Cirebon) terpilih sebagai juara. Sementara Sayembara Logo Kemenkeu Satu Ciayumajakuning Peduli UMKM (KSCPU) dimenangkan oleh Angga Hadita dari KPP Indramayu.

Dalam rangkaian acara tersebut juga diadakan sosialisasi online oleh para Kepala Satuan Kerja Kemenkeu di wilayah Ciayumajakuning dalam Podcast Kemenkeu Satu Peduli UMKM (KSCPU). Pada kesempatan tersebut, masing masing kepala satker menjelaskan kepada masyarakat terkait program kerja unggulan masing-masing satker dalam mendukung UMKM.

Program kerja tersebut antara lain: Program Bussiness Development Service (BDS) dari Kantor Pajak sebagai pembinaan terkait pembukuan dan perpajakan UMKM, Kedai Lelang UMKM dari KPNL sebagai wadah pemasaran produk UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas, program Kredit UMI (Pembiayaan Ultra Mikro) dari KPPN dengan fasilitas pembiayaan kepada Usaha Ultra Mikro, dan Klinik Ekspor dari Bea Cukai guna mendukung UMKM untuk go Internasional.

Acara tersebut dapat terselenggara berkat dukungan dari Tax Center Universitas Gunung Jati, Bank Indonesia Cirebon dan pihak perbankan seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank Syariah Indonesia dan Bank BJB. Dengan demikian, dalam kegiatan Bazar UMKM tersebut dipertemukan pihak-pihak yang terlibat secaralangsung yakni pelaku UMKM, Satker Kemenkeu dengan programnya untuk mendukung UMKM, pihak Perbankan yang akan membantu UMKM dari sisi permodalan dan tentu saja konsumen sebagai pembeli barang barang produk UMKM.

Selaras dengan tagline “Kemenkeu Satu Erat, UMKM Tumbuh Pesat” yang diusung, kegiatan ini diharapkan mampu mendorong para pelaku UMKM untuk lebih maju dan berkembang.

 


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean C Cirebon @ 2016
Jalan DR. Wahidin Sudirohusodo No. 43, CIREBON 45112 - JAWA BARAT