DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TIPE MADYA PABEAN C CIREBON

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
REALISASI PENERIMAAN NEGARA KPPBC TMP C CIREBON per 28 Februari 2021 : 1. Total Penerimaan Rp 56.296.467.200 (24,100%) 2. Penerimaan Bea Masuk Rp 1.224.289.000 (18,55%) 3. Penerimaan Cukai Hasil Tembakau Rp 54.484.747.200 (24,00%) 4. Penerimaan Cukai Etil Alkohol Rp 80.000.000 5. Penerimaan Lainnya Rp 507.431.000
Berita

Semua Bisa Ekspor! Bea Cukai Cirebon Sosialisasikan Tata Caranya kepada UMKM Majalengka

17 Juni 2021

MAJALENGKA - Dalam rangka menggali dan mendorong potensi ekspor di Kabupaten Majalengka, pada Selasa (15/06/2021) Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Majalengka menyelenggarakan kegiatan Pembinaan, Pengembangan Usaha Produksi Ekspor Unggulan Kabupaten Majalengka. Dalam kegiatan ini, Bea Cukai Cirebon hadir sebagai salah satu narasumber yang menyampaikan materi mengenai ketentuan ekspor.

Dilaksanakan di Gedung Kokardan, Jl. Gerakan Koperasi No. 43, Kabupaten Majalengka, kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 50 (lima puluh) peserta yang merupakan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan beberapa perusahaan di Majalengka. Para pelaku UMKM ini berasal dari berbagai bidang, seperti industri rotan, tekstil, olahan makanan, holtikultura, dll.

Selain dari Bea Cukai Cirebon, kegiatan ini menghadirkan dua narasumber lainnya yaitu Kepala Seksi Pengembangan Ekspor Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Meidy M, ST.,MSc dan Drs. Rian Patriana, Kepala Seksi Fasilitasi Usaha Mikro Bidang Usaha Kecil Menengah Kabupaten Majalengka.

Dalam kesempatannya, Meidy menyampaikan program-program pengembangan ekspor yang diselenggarakan oleh Pemerintah Jawa Barat sebagai upaya untuk mendorong ekspor dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Meidy menekankan bahwa sektor UMKM menjadi salah satu sektor yang dikawal perkembangannya menuju pasar global.

Guna memberikan pengetahuan kepada para pelaku UMKM yang hadir dalam acara tersebut, Novembriyanto Nugroho, Pemeriksa Bea Cukai Ahli Pertama Bea Cukai Cirebon, memberikan materi mengenai ketentuan ekspor sekaligus tata cara ekspor. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan, "Semua pengusaha berpotensi untuk ekspor asalkan produknya mampu bersaing di pasar internasional," tuturnya. Inovasi dan kualitas produk merupakan beberapa aspek yang harus ditingkatkan oleh setiap pengusaha.

Untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Majalengka, Bea Cukai Cirebon berkomitmen untuk turut serta mendorong ekspor di wilayah Majalengka. "Bea Cukai Cirebon siap mendampingi UMKM Majalengka untuk dapat melaksanakan ekspor secara mandiri," tutur Novembriyanto di akhir pemaparannya.

 


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean C Cirebon @ 2016
Jalan DR. Wahidin Sudirohusodo No. 43, CIREBON 45112 - JAWA BARAT