DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TIPE MADYA PABEAN C CIREBON

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
REALISASI PENERIMAAN NEGARA KPPBC TMP C CIREBON per 28 Februari 2021 : 1. Total Penerimaan Rp 56.296.467.200 (24,100%) 2. Penerimaan Bea Masuk Rp 1.224.289.000 (18,55%) 3. Penerimaan Cukai Hasil Tembakau Rp 54.484.747.200 (24,00%) 4. Penerimaan Cukai Etil Alkohol Rp 80.000.000 5. Penerimaan Lainnya Rp 507.431.000
Berita

Majukan Ekonomi, Bea Cukai Cirebon Berhasil Antarkan Perusahaan ini Jadi Kawasan Berikat

17 Februari 2021

CIREBON - Dimasa pandemi Covid-19, pemerintah senantiasa mendorong kemajuan sektor industri untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia. Sejalan dengan hal ini, Bea Cukai Cirebon juga berupaya untuk mendorong kemajuan industri khususnya di daerah pengawasannya yaitu Ciayumajakuning.

Pada Senin (15/02/2021), Bea Cukai Cirebon berhasil mengantarkan salah satu perusahaan di Kabupaten Majalengka, PT. Shoetown Footwear Industrial Indonesia untuk mendapatkan fasilitas Kawasan Berikat. Penetapan kawasan berikat ini dilakukan oleh Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat yang pengujian akhirnya dilakukan melalui presentasi mengenai proses bisnis perusahaan oleh PT. Shoetown Footwear Industrial Indonesia.

PT. Shoetown Footwear Industrial Indonesia adalah sebuah industri penghasil produk sepatu dan sandal merek Crocs, yang terletak di Jl. Raya Kasokandel Km 45, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka. Perusahaan ini berdiri di atas lahan seluas lebih dari sepuluh hektar dan telah menyerap ribuan tenaga kerja. Dampak ekonomi yang sangat positif dirasakan oleh masyarakat di wilayah Majalengka dan sekitarnya.

Presentasi dilakukan secara langsung oleh pimpinan perusahaan beserta tim di Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat dengan didampingi oleh Bea Cukai Cirebon secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Pengujian dilakukan oleh Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat setelah sebelumnya dilakukan uji kelengkapan administrasi, fisik perusahaan dan software yang disyaratkan bagi perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat. Sebelumnya, Bea Cukai Cirebon, sebagai agen fasilitas, telah memberikan asistensi kepada PT. Shoetown Footwear Industrial Indonesia selama melakukan persiapan pengajuan fasilitas kawasan berikat. Tujuannya adalah agar perusahaan dapat memenuhi persyaratan dengan baik sehingga berhasil memperoleh fasilitas yang diajukan.

Dengan semakin berkembangnya sektor industri di wilayah Ciayumajakuning, diharapkan dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja sehingga dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean C Cirebon @ 2016
Jalan DR. Wahidin Sudirohusodo No. 43, CIREBON 45112 - JAWA BARAT