DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TIPE MADYA PABEAN C CIREBON

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
REALISASI PENERIMAAN NEGARA KPPBC TMP C CIREBON per 28 Februari 2021 : 1. Total Penerimaan Rp 56.296.467.200 (24,100%) 2. Penerimaan Bea Masuk Rp 1.224.289.000 (18,55%) 3. Penerimaan Cukai Hasil Tembakau Rp 54.484.747.200 (24,00%) 4. Penerimaan Cukai Etil Alkohol Rp 80.000.000 5. Penerimaan Lainnya Rp 507.431.000
Berita

Dorong DBH CHT Tepat Sasaran, Bea Cukai Cirebon Sosialisasikan Ketentuan DBH CHT

10 April 2021

CIREBON - Dalam rangka menyebarluaskan ketentuan pengelolaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) kepada pemerintah daerah, khususnya di wilayah Ciayumajakuning, Bea Cukai cirebon menggelar acara Sosialisasi Ketentuan dan Penilaian DBH CHT kepada unsur Pemerintah Daerah se-Ciayumajakuning. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis (08/04/2021) dan diikuti oleh para peserta dari Sekretariat Daerah dan Badan Keuangan dan Aset Daerah.

Dilaksanakan di aula Kantor Bea Cukai Cirebon, kegiatan ini dibuka dengan sambutan Kepala Kantor Bea Cukai Cirebon, Encep Dudi Ginanjar bersama dengan Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, serta Pejabat Fungsional Bea dan Cukai. Dalam sambutannya Encep menyampaikan, "Pemerintah pusat melakukan transfer ke daerah melalui DBH CHT yang apabila dimanfaatkan dengan maksimal akan sangat membantu untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat", ucapnya. Beliau juga menyampaikan bahwa pengelolaan DBH CHT yang maksimal memerlukan sinergi dari berbagai instansi.

Dalam kesempatan ini, dilakukan pemaparan mengenai ketentuan DBH CHT sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-206/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Pemerintah Daerah Ciayumajakuning dan Sosialisasi Ketentuan Penilaian Kinerja DBH CHT sesuai SE-1/BC/2021 tentang Pedoman Kepala Kantor Bea dan Cukai untuk Melakukan Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah dalam Pemanfaatan DBH CHT dan Petunjuk Teknis dalam Penggunaan DBH CHT di Bidang Penegakan Hukum. Materi ini disampaikan oleh Novembriyanto Nugroho, Fungsional Pemeriksa Ahli Pertama Bea Cukai Cirebon.

Sesuai dengan PMK-206/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau, terdapat lima program dalam pemanfaatan DBH CHT yaitu, peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan industri, pembinaan lingkungan sosial, sosialisasi ketentuan di bidang cukai, dan/atau pemberantasan barang kena cukai ilegal. Novem menjelaskan bahwa kelima program ini dikelompokkan dalam 3 bidang dengan presentase penggunaan dana yang berbeda, yaitu sebanyak 50% untuk bidang kesejahteraan masyarakat, 25% untuk bidang penegakan hukum, dan 25% untuk bidang kesehatan yang diatur dalam PMK tersebut.

Pengelolaan DBH CHT ini nantinya akan dinilai oleh pemerintah pusat. Bea Cukai Cirebon, sebagai instansi pemungut cukai hasil tembakau di wilayah Ciayumajakuning, memiliki kewajiban untuk menilai kinerja pemerintah daerah dalam pengelolaan DBH CHT. Untuk meningkatkan pemahaman mengenai Penilaian Kinerja DBH CHT, pada sesi berikutnya dijelaskan pokok-pokok Ketentuan Penilaian Kinerja DBH CHT sesuai SE-1/BC/2021 tentang Pedoman Kepala Kantor Bea dan Cukai untuk Melakukan Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah dalam Pemanfaatan DBH CHT dan Petunjuk Teknis dalam Penggunaan DBH CHT di Bidang Penegakan Hukum.

Melalui kegiatan ini, Bea Cukai Cirebon membuka sesi diskusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan para peserta terkait pengelolaan DBH CHT maupun sharing pengalaman pengelolaan DBH CHT yang telah dilakukan di daerahnya. Dengan adanya sosialisasi ini, harapannya adalah pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau di daerah khususnya wilayah Ciayumajakuning menjadi lebih baik, lebih tepat sasaran, dan dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean C Cirebon @ 2016
Jalan DR. Wahidin Sudirohusodo No. 43, CIREBON 45112 - JAWA BARAT