DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TIPE MADYA PABEAN C CIREBON

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
REALISASI PENERIMAAN NEGARA KPPBC TMP C CIREBON per 28 Februari 2021 : 1. Total Penerimaan Rp 56.296.467.200 (24,100%) 2. Penerimaan Bea Masuk Rp 1.224.289.000 (18,55%) 3. Penerimaan Cukai Hasil Tembakau Rp 54.484.747.200 (24,00%) 4. Penerimaan Cukai Etil Alkohol Rp 80.000.000 5. Penerimaan Lainnya Rp 507.431.000
Berita

Bea Cukai Cirebon Pantau Peredaran Harga Transaksi Rokok di Tiga Kabupaten

26 Maret 2021

CIREBON - Menjalankan fungsi sebagai community protector, Bea Cukai tak henti-hentinya melancarkan berbagai upaya untuk melindungi masyarakat dari barang-barang ilegal. Salah satu upaya yang dilakukannya adalah dengan melakukan Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal dan Pemantauan Harga Transaksi Pasar (HTP) produk hasil tembakau berupa rokok, seperti yang dilakukan Bea Cukai Cirebon pada 15-19 Maret 2021.

Bea Cukai Cirebon melakukan Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal dan Pemantauan Harga Transaksi Pasar di delapan kecamatan dalam tiga kabupaten yakni di Kabupaten Cirebon tepatnya di Kecamatan Ciwaringin, Losari, dan Panguragan, lalu di Kabupaten Kuningan tepatnya di Kecamatan Kramatmulya, Sindang Agung dan Ciniru, serta di Kabupaten Indramayu tepatnya di Kecamatan Sukra dan Balongan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim pemantau Bea Cukai Cirebon dengan skema pembagian tim pemantau untuk terjun ke delapan wilayah tersebut.

Kegiatan pemantauan HTP yang dilakukan oleh Bea Cukai Cirebon diatur dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor SE-18/BC/2017. Pemantauan ini dilakukan dengan mendata produk hasil tembakau yang berada pada display/etalase Tempat Penjualan Eceran (TPE) yang menjual produk rokok yang meliputi toko modern maupun toko tradisional.

Dalam aturan ini disebutkan tim pemantau minimal mengunjungi tiga TPE di tiap kecamatan dan mendata minimal 100 (seratus) kemasan rokok di tiap kecamatan yang dipantau. Informasi yang didata antara lain adalah informasi yang tercantum pada kemasan, seperti nama merek, nama pabrik, lokasi pabrik, harga jual produk, dan beberapa informasi yang tercantum pada pita cukai.

Selain melakukan pemantauan HTP produk rokok, dalam kegiatan ini tim pemantau juga melakukan sosialisasi gempur rokok ilegal kepada masyarakat, khususnya kepada pemilik/penjaga toko yang dikunjungi. Tim pemantau memberikan penjelasan dan melakukan pemasangan stiker gempur rokok ilegal yang di dalamnya tercantum ciri-ciri rokok ilegal dan kontak layanan Bea Cukai Cirebon dalam hal ada laporan mengenai peredaran rokok ilegal.

Upaya ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan mencegah terjadinya praktik-praktik peredaran rokok ilegal di lingkungan masyarakat khususnya di wilayah Ciayumajakuning.

 


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean C Cirebon @ 2016
Jalan DR. Wahidin Sudirohusodo No. 43, CIREBON 45112 - JAWA BARAT