DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TIPE MADYA PABEAN C CIREBON

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
REALISASI PENERIMAAN NEGARA KPPBC TMP C CIREBON per 28 Februari 2021 : 1. Total Penerimaan Rp 56.296.467.200 (24,100%) 2. Penerimaan Bea Masuk Rp 1.224.289.000 (18,55%) 3. Penerimaan Cukai Hasil Tembakau Rp 54.484.747.200 (24,00%) 4. Penerimaan Cukai Etil Alkohol Rp 80.000.000 5. Penerimaan Lainnya Rp 507.431.000
Berita

Angin Segar Pemulihan Ekonomi, Bea Cukai Cirebon Berhasil Dorong Pengusaha Lakukan Ekspor Perdana

02 April 2021

CIREBON - Bea Cukai, sebagai institusi yang mengemban fungsi sebagai trade facilitator dan revenue collector sangat mendukung kemajuan industri-industri dalam bidang ekspor. Melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional, Bea Cukai berkiprah dalam mendorong pertumbuhan perekonomian di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam rangka mendorong potensi ekspor di wilayah Ciayumajakuning, Bea Cukai Cirebon melakukan launching ekspor perdana CV. Flamingo Rotan pada Kamis (01/04/2021). Beberapa hari yang lalu (23/03), Bea Cukai Cirebon memberikan asistensi dan instalasi modul Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) kepada CV. Flamingo Rotan. Ekspor perdana ini menjadi momen pertama bagi CV. Flamingo Rotan untuk menjajal modul PEB miliknya.

Keberhasilan Bea Cukai Cirebon memberikan asistensi ini membuat Bea Cukai Cirebon menyelenggarakan Launching Ekspor Perdana. Tujuannya adalah untuk menggaungkan keberhasilan pengusaha di wilayah Cirebon dalam melaksanakan ekspor. Harapannya, kegiatan ini dapat memberikan inspirasi bagi para pengusaha yang berpotensi ekspor untuk kemajuan usahanya.

Dalam kegiatan ini Bea Cukai Cirebon mengundang Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat, Saipullah Nasution, untuk hadir secara langsung di CV. Flamingo Rotan, Jl. Nyi Ageng Mantro Blok Maju RT 013 RW 003 Tegalwangi, Kec. Weru, Kabupaten Cirebon. Dengan simbolis berupa pemotongan pita, ekspor perdana CV. Flamingo Rotan secara resmi diluncurkan. Sebanyak 1900 pcs hiasan dinding dari rotan hasil produksi perusahaan ini diekspor ke Jerman. Nilai ekspor keseluruhan mencapai USD $20.000. Sementara mengantri di belakangnya untuk diekspor adalah ekspor furniture ke Argentina. Hal ini menjadi angin segar bagi dunia perekonomian di masa pandemi dengan adanya kemajuan ekonomi di bidang ekspor.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai CV. Flamingo Rotan, dalam kegiatan ini Kepala Kantor DJBC Jawa Barat beserta seluruh rombongan pejabat dan pegawai Bea Cukai diajak untuk berkeliling di area produksi. CV. Flamingo Rotan merupakan sebuah industri yang memproduksi barang hasil rotan menjadi berbagai macam kerajinan, seperti kursi, meja, cermin, dll. Perusahaan ini tergolong sebagai perusahaan baru di wilayah Cirebon. Saat ini, CV. Flamingo Rotan memiliki lebih dari 30 karyawan yang ahli dalam bidang pembuatan produk kerajinan rotan.

"Kami termasuk pengusaha baru di Cirebon, tapi kami akan terus mengembangkan diri sehingga bisa eksis di kancah internasional," ungkap Sudirja, Manajer Produksi CV. Flamingo Rotan saat menyampaikan sambutannya mewakili perusahaan dalam acara tersebut. Sebenarnya, ini bukan kali pertama bagi CV. Flamingo Rotan untuk melakukan ekspor. Perusahaan ini sebelumnya telah rutin melakukan ekspor namun undername.

Ekspor undername artinya melakukan ekspor dengan menggunakan nama eksportir lain/pihak lain. Konsep ekspor undername ini memang cukup banyak ditemui di berbagai wilayah termasuk di Cirebon. Padahal, bila pengusaha melakukan ekspor dengan nama sendiri, pengusaha akan mendapatkan berbagai macam keuntungan.

"Dengan melakukan ekspor dengan nama sendiri, artinya pengusaha telah berkontribusi pada kesejahteraan daerahnya," tutur Saipullah dalam pidatonya. Beliau menjelaskan bahwa pemerintah akan selalu berupaya mendorong kesejahteraan ekonomi Indonesia, salah satunya dengan mendorong ekspor. Lebih jauh lagi beliau menjelaskan adanya fasilitas yang diberikan kepada pengusaha dalam bidang ekspor, yaitu fasilitas KITE IKM. Fasilitas ini memungkinkan para pengusaha untuk mendapatkan pembebasan bea masuk atas bahan baku produksi untuk barang hasil produksi berupa barang ekspor, serta berbagai keuntungan lainnya.

Melalui kegiatan ini, Bea Cukai mengampanyekan bahwa ekspor itu mudah. Acara ini ditutup dengan dengan foto bersama usai pemotongan pita oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat, Kepala Bidang Fasilitas Kanwil Jabar, Kepala Kantor Bea Cukai Cirebon, dan Direktur CV. Flamingo Rotan.


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean C Cirebon @ 2016
Jalan DR. Wahidin Sudirohusodo No. 43, CIREBON 45112 - JAWA BARAT