DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TIPE MADYA PABEAN C CIREBON

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
REALISASI PENERIMAAN NEGARA KPPBC TMP C CIREBON 2023 : 1. Total Penerimaan Rp 660.232.562.000 (106,78%) 2. Penerimaan Bea Masuk Rp 19.790.005.000 (208,3%) 3. Penerimaan Cukai Hasil Tembakau Rp 635.957.616 (104,77%) 4. Penerimaan Cukai Etil Alkohol Rp 1,539.646.000 (85,52%) 5. Penerimaan Cukai Lainnya Rp 2,945,295,000
Berita

300 Mahasiswa Belajar APBN bersama Satuan Kerja Kementerian Keuangan se-Ciayumajakuning

20 Juli 2023

Cirebon (6/7/23) - Bertajuk Kemenkeu Goes to Campus, seluruh Satuan Kerja Kementerian Keuangan di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) memberikan pengenalan kepada generasi muda terkait tugas pokok dan fungsi dari masing-masing Satuan Kerja Kementerian Keuangan. Kegiatan ini berlangsung di Aula Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon dengan peserta lebih dari 300 mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas di Cirebon seperti Universitas Swadaya Gunung Jati, Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon, Universitas Majalengka, Universitas Kuningan, Universitas Wiralodra, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon, Institus Teknologi Nasional Bandung, dan Universitas Muhammadiyah Cirebon.

 

Misi utama dalam kegiatan Kemenkeu Goes to Campus adalah mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa dapat memahami dan mendukung kebijakan pengelolaan keuangan negara dan meningkatkan kepedulian terhadap Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara agar pengelolaannya dapat berjalan secara efektif dan efisien. Satuan kerja Kementerian Keuangan di lingkungan Ciayumajakuning ingin mendidik generasi muda sebagai generasi calon-calon pelaku ekonomi masa depan menjadi warganegara yang mempunyai kesadaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Generasi mendatang harus memiliki budaya dan karakter berwawasan kebangsaan; cinta tanah air, bela negara, termasuk kesadaran pengelolaan keuangan negara yang efektif dan efisien.

 

Dalam kegiatan ini, hadir Dekan Fakultas Ekonomi UGJ, Dr. Drs. H. Acep Komara, SE., M.Si., Ak., CSRS. dan  Kepala Kanwil DJPb Jawa Barat, Bapak Heru Pudyo Nugroho selaku narasumber yang  menyampaikan materi terkait pengelolaan keuangan negara, khususnya hal-hal yang terkait APBN seperti fungsi APBN, peran APBN, penerimaan dan belanja negara, alokasi anggaran APBN, dan lainnya. Tidak hanya membahas tentang APBN, para mahasiswa juga dikenalkan dengan salah satu tugas Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berupa pengawasan barang berbahaya oleh unit K9 (Anjing Pelacak). Para mahasiswa diminta bermain peran menjadi penumpang asal luar negeri dan akan diletakkan barang berbahaya (narkotika) pada salah satu barang bawaan mahasiswa tanpa sepengetahuan Choco, yang merupakan K9 yang bertugas untuk melakukan pelacakan. Melalui penciuman Choco, dia berhasil menemukan barang berbahaya tersebut pada salah satu tas yang dibawa oleh mahasiswa.

Pada sesi diskusi dimoderatori oleh Lili Khamiliyah, Kepala KPPN Tipe A1 Cirebon, dan Nirmala Rustini, Kepala KPP Pratama Cirebon Satu. Acara ini ditutup dengan sesi foto bersama dengan seluruh mahasiswa selaku peserta Kemenkeu goes to campuss. Semoga acara ini memberikan pemahaman yang semakin mendalam tentang pengelolaan APBN dan juga tugas dan fungsi dari Kementerian Keuangan.


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean C Cirebon @ 2016
Jalan DR. Wahidin Sudirohusodo No. 43, CIREBON 45112 - JAWA BARAT